ADDRESS

Bandung
Komplek ABDI Negara

PHONE

Film animasi islami menembus pasar Hollywood

Tentu saja tidak mudah untuk sebuah studio film menembus pasar Hollywood, tetapi ini tak membuat Barajoun Entertainment, studio film animasi di Dubai menyurutkan niat untuk mencobanya.

 

Film animasi berjudul Bilal: A New Breed of Hero siap dirilis untuk pasar Amerika. Yang lebih seru film animasi www.gadispoker.com ini kental dengan nuansa islami dengan mengangkat kisah hidup Bilal Ibnu Rabah, salah satu sahabat terkasih Rasulullah SAW.

 

Perilisan trailer

Trailer film Bilal ini juga baru saja dipublikasikan di Amerika Serikat mulai 15 januari lalu, bersamaan dengan perayaan Hari Martin Luther King, Jr. Ada alasan tersendiri untuk itu  yaitu pesan moral yang termuat dalam film animasi ini diyakini sejalah dengan nilai-nilai perjuangan Martin Luther King mencerahkan masyarakat dari diskriminasi rasial dan penjajahan.

 

Sinopsis film Bilal: A New Breed of Hero

Mengambil seting 1400 tahun yang lalu, dengan menceritakan masa kecil Bilal yang baru berusia 7 tahun dan bercita-cita untuk menjadi seorang pejuang.

 

Sebelumnya ia dan saudarinya dijual sebagai budak setelah diculik oleh pedagang budak dari kampung halamannya. Anak kecil yang masih polos itu tiba-tiba terlempar dalam dunia yang kejam dan sarat ketidakadilan. Sedikit sedikit ia mulai menemukan tekad dalam dirinya untuk  menemukan jati dirinya walaupun harus menghadapi beragam cobaan.

 

Film ambisius

Film ini dapat dikatakan merupakan proyek ambisius dari studio asal Uni Emirat Arab tersebut, dengan dana pembuatan yang konon mencapai US$ 30 juta. Inilah sebabnya film animasi Bilal ini termasuk yang  paling mahal di kawasan. Demi merangkul lebih banyak penonton, muatan Islami dalam film ini dirancang dengan lebih samar.

 

Jadwal penayangan di Indonesia

Film Bilal ini telah dirilis sejak  September 2016 lalu di beberapa wilayah Timur Tengah, seperti Yordania, Lebanon, Bahrain, serta Irak, sementara jadwal penayangannya untuk Amerika Serikat serta Kanada adalah pada 2 Februari mendatang. Sayangnya sejauh ini belum ada informasi apakah film ini akan dirilis di Indonesia atau tidak.

 

Review film Bilal

Secara umum film animasi tentang sahabat Nabi Muhammad ini adalah kisah yang sangat menyentuh serta inspiratif. Saat dunia memperlakukan seorang anak kecil dengan kejam, ternyata ia mampu menemukan keberanian serta membuat perubahan dengan meninggikan suaranya. Bilal yang diadaptasi dari kisah nyata sesungguhnya adalah pahlawan sejati yang namanya akan terus diingat sepanjang sejarah.

 

Sebagai pengisi suara di film ini adalah Jacob Latimore sebagai Bilal remaja, Adewale Akinnouye – Agbaje sebagai Bilal dewasa, Ian McShane sebagai Umayya, Cynthia McWilliams sebagai Hamama, Michael Gross sebagai Okba, Thomas Ian Nicholas sebagai Saad, dan Sage Ryan sebagai safwan remaja.

 

Film animasi dan musical sebagai sarana pembentukan karakter positif anak

Bila memang ditayangkan di tanah air film ini akan sangat cocok disaksikan sebagai film anak atau keluarga. Selain sebagai sarana hiburan, faktanya menonton film yang memuat pesan moral baik akan berperan dalam pembentukan karakter baik anak-anak. Adegan-adegan serta dialog dalam film akan tersimpan lebih lama dalam memori putra-putri Anda daripada hanya nasehat dari orang tua atau guru.

Film animasi yang digarap dengan apik juga akan menyuguhkan gambar-gambar berkualitas pada layar kaca yang dapat membuat penonton terkesan, termasuk anak-anak. Setelah menonton film Anda mungkin dapat mendiskusikan tentang pesan moral pada film tersebut dengan anak-anak Anda untuk membuat mereka semakin  memahami muatan islami pada film tersebut. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *