ADDRESS

Bandung
Komplek ABDI Negara

PHONE

Kim Jong-un Puji dan Ucap Terimakasih pada Korsel

Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara, memuji upaya Korea Selatan yang ‘mengesankan’ dalam menerima delegasi dari Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin yang sekarang tengah berlangsung. Media pemerintah Korut, KCNA, melaporkan bahwa Kim sendiri telah menyampaikan ucapan terimakasihnya pada Korsel karena ‘memberikan prioritas’ delegasi dari Korut dalam Olimpiade di Pyeongchang.

Pernyataan ini pasalnya muncul setelah menerima rombongan delegasi Korut yang dipimpin oleh adiknya, Kim Yo-jong yang mana sudah kembali dari Korsel.

Kim Jong-un Merasa Puas

Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang pasalnya bakal berlangsung sampai tanggal 25 Februari 2018. “Setelah menerima laporan delegasi, Kim Jong-un menyatakan rasa puasnya,” laporan dari KCNA dIlansir dari BBC Indonesia.

“Korea Selatan sudah menunjukkan sikap yang sangat mengesankan, yang secara khusus memprioritaskan kunjungan anggota Republik Demokratik Rakyat dan juga mengucapkan terima kasih pada mereka,” lanjut laporan tersebut. kim Yo-jong dan juga kepala negara formal Korut, Kim Yong-nam, pasalnya menjadi pejabat Judi Bola yang paling senior dari Korut yang berkunjung ke Korea Selatan semenjak Perang Korea pada tahun 1950an.

Ketika pembukaan Olimpiade, Kim Yo-jong duduk di dekat Mike Pence, Wakil Presiden AS. Pada sebuah kesempatan, Presiden Korsel, Moon Jae-in mendatanginya dan juga menyalaminya dan juga mengunjungi tim Korea Utara secara khusus. Dan dalam kesempatan itu, Kim Yong-on menyampaikan undangan pada Presiden Korsel untuk berkunjung ke Pyongyang juga.

Kim Yo-jong tiba di Korsel untuk Olimpiade ‘Paling Dingin’

Seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya bahwa adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong tiba di Korsel untuk Olimpiade Pyeongchang yang diperkirakan menjadi olimpiade dengan suhu yang paling dingin sepanjang sejarah.

Ini merupakan kali pertamanya keluarga penguasa Korea Utara itu melakukan kunjungan ke Korea Selatan sejak Perang Korea yang berlangsung pada tahun 50an silam. Kim Yo-jong sendiri datang bersama dengan Kim Yong Nam, kepala negara yang resmi dari Korea Utara. Mereka mengikuti upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin ini yang berlangsung dari hari Jumat lalu (9/2) sampai tanggal 25 Februari mendatang.

Olimpiade Musim Dingin yang ke-23 ini bisa jadi yang paling dingin dalam sejarah dengan suhu mencapai 25° Celcius. Kim Yo-jong sendiri diketahui amat sangat dekat dengan kakanya. Tahun lalu, ia sudah diangkat menjadi anggota Politbiro, yakni sebuah komite eksekitif yang amat berkuasa di negara Komunis. Ia juga masuk dalam daftar tokoh Korut yang mana dikenai sanksi oleh Amerika Serikat terkait dengan tuduhan pelanggaran HAM.

Pada Olimpiade ini, Korsel dan Korut tampil di bawah bendera bersama ketika upacara pembukaan. Korea Utara pasalnya mengirimkan kurang lebih 22 atlet dan juga lebih dari 400 anggota delegasi termasuk tim pemandu sorak juga serta orchestra.

Diplomasi olahraga ini disambut dengan sangat hangat mengingat tegangnya situasi terkait dengan Korea beberapa waktu belakangan ini karena Kim Jong-un secara terus menerus melakukan uji nuklir dan juga rudal. Semenanjung Korea terbela sejak Perang Korea pada tahun 1950-1953 dan kedua Korea ini pun tidak pernah mau menandatangani kesepakatan perdamaian.

Kim Yo-jong yang diperkirakan berusia 30 tahun, lebih muda 4 tahun dari kakaknya sudah menjadi pemimpin besar. Presiden Krea Selatan menemui rombongan Kim Yo-jong hari Sabtu (10/2) lalu. kunjungan tersebut dipandang masyarakat sebagai isyarat bahwa Kim Jong-un benar-benar tentang niat memperbaiki hubungan dengan Korea Selatan, dikutip dari BBC Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *